Tuesday, 17 September 2013

3 comments:

febriyan syah said...

tugas 1#
febriyan syah 115100060

kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia dengan menggunakan teknik-teknik metematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti : keabsahan, integritas data, serta autentifikasi data.
kriptografi berasal dari kata yunani yaitu krytos yang berarti rahasia dan graphein yang berarti tulisan.

2#. tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Ada banyak tipe data yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai. Namun secara umum dapat dikelompokkan.

# macam2 tipe data...
1.Tipe data yang sederhana
Tipe data sederhana disebut juga sebagai tipe data skalar, bahwa dalam sebuah perubah hanya dimungkinkan untuk menyimapan sebuah nilai data, tipe data skalar menunjukkan untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut satuan urutan tertentu.
2. Tipe Ordinal (berurutan)
Yaitu sebuah subset dari tipe data sederhana. Semua tipe sederhana disebut sebagai data dengan tipe ordinal kecuali tipe real. Dalam bahasa pascal, tipe data skalar menunjukkan bahwa untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut urutantertentu.

# Macam – macam dari tipe ordinal :

1.Integer yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat (tidak memiliki titik decimal). Ada lima tipe data yang termasuk dalam kelompok ini yaitu integer, short int, long int, byte dan word.
2.Boolean yaitu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai, yaitu Benar (True) atau Salah (False). Operator yang digunakan adalah AND, OR atau NOT.
3.Char yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan data alfanumeris. Dalam program pascal, nilai data tipe char ditulis diantara tanda petik, seperti : ’A’, ’Z’, ’8’, ’*’,.
4.Terbilang yaitu digunakan untuk memberi nama pada beberapa nilai tertentu. Tipe data yang didefinisikan sendiri oleh pembuatnya yang dikenal dengan tipe data enumerated.

# Tipe data....
b. Type Real
Yaitu type data yang menggunakan untuk menyimpan bilangan real pecahan.
Terdapat 5 macam data pada type real, yaitu :
- real
- single
- double
- extended
- com

# 2. Type Data Terstruktur
Yaitu tipe data yang menampung lebih dari satu nilai, sebagai berikut :
a. Array
Yaitu tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen / komponen yang memiliki tipe data yang sama.
Posisi masing – masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.
Array dapat didefinisikan sebagai suatu himpunan hingga elemen yang terurut dan homogen.
Terurut dapat diartikan bahwa elemen tersebut diidentifikasikan sebagai elemen pertama, elemen kedua dan seterusnya sampai elemen ke-n.
Karakteristik Array :
· Mempunyai batasan dari pemesanan alokasi memory
· Mempunyai type data yang sama
· Dapat diakses secara acak
3 hal yang harus diketahui dalam mendeklarasikan array :
· Nama array
· Range dari subkrip (jangkauan array)
· Type data array
b. Record (Pascal) dan struct (Bahasa C)
Yaitu kumpulan data yang setiap elemennya bias mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lainnya. Tipe data ini digunakan untuk mempresentasikan kumpulan (set) elemen / komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data. Tiap elemen disebut juga field atau property atau attribute.

muhammad yusuf said...

TUGAS1 /KP 2
NAMA: MUHAMMAD YUSUF
NPM: 115100101

1=>>Apa yang anda ketahui tentang Kriptografi?
Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography]. Tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.

2=>>Sebutkan Tipe data yang anda Ketahui berdasarkan materi Struktur Data !
TIPE DATA : TIPE DATA SEDERHANA (SIMPLE - DATA TYPE)
adalah tipe data yang sudah ada dan dijadikan standar dalam bahasa pemrograman tertentu.
Isi dari tipe data sederhana ini adalah data-data tunggal
TIPE DATA SEDERHANA (SIMPLE - DATA TYPE):
-STANDARD DATA TYPE
INTEGER
REAL
CHAR
STRING
BOOLEAN
-USER-DEFINED DATA TYPE
ENUMERATED OR SCALAR TYPE
SUBRANGE TYPE

Vina Sintia said...

Tugas 1
Nama Vina Sintia 115100050
1. Kriptografi adalah Kriptografi berasal dari bahasa Yunani yaitu cryptos yang berarti rahasia dan graphein yang berarti tulisan. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia dengan menggunakan teknik-teknik metematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti : keabsahan, integritas data, serta autentifikasi data.

2. Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Ada banyak tipe data yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai. Namun secara umum dapat dikelompokkan seperti pada gambar =



Tipe data primitive adalah tipe data dasar yang tersedia secara langsung pada suatu bahasa pemrograman. Sedangkan tipe data composite, adalah tipe data bentukan yang terdiri dari dua atau lebih tipe data primitive.

Tugas 2
Nama Vina Sintia 11510050

DELPHI

Delphi 7 merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi karena sudah berbasis grafis.Bahasa pemrograman berbasis grafis banyak digemari seorang programer karena lebih mudah dimengerti dan dapat berkreasi dengan tampilan.Diantara bahasa pemrograman berbasis grafis yang ada,delphi 7 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mempunyai / lebih unggul dalam hal componen.Hal tersebut bida dibuktikan dengan component nya yang sudah bisa dihubungkan dengan internet.tapi tidak semua bahasa pemrograman itu tidak mempunyai kekurangan,pasti ada-ada saja kekurangan yang terdapat di dalamnya.Nach berikut saya berikan sedikit penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman delphi.


Kelemahan / Kekurangan :
1. GILA HASIL EXE NYA BESAAAAR,FORM KOSONG XE2 dapet 7 MB
2. bisa di decompile
3. operator assignment lo mesti nulis := ,bahasa lain sih tinggal = doank,males neken shift :D
4. mesti nulis begin end,tapi untungnya otomatis sendiri kalo udah ada di IDE

Kelebihannya
1. udah bisa pascal tinggal lanjut bro ke delphi
2. ga perlu framework kecuali firemokey buat ke iOS
3. KOMPONEN MELIMPAH
4. Kompilasi CEPAT FAST
5. cross platform ready
6. freeware
7. Mempunyai desain yang user friendly terhadap para programmer beginer
8. Mempnyai kecepatan kompilasi yang cepat
9. Mempunyai komponen yang sangat komplek untuk pembuatan software aplikasi sampai database
10. Mempunyai aplikasi plugin database bawaan (BDE)
11. Versi selalu diupdate, sampai saat ini sudah mencapai Delphi versi 2009
12. Aplikasi yang dihasilkan bisa merupakan File Executable portable dan Executable installer
13. Sangat mudah untuk membuat koneksi ke berbagai aplikasi database, misalnya BDE, Access, MySql, SQL Server, Oracle, Dan database lainnya